Friday, April 13, 2007

Do’a-do’a Nishfu Sya’ban

Di antara siang malamnya bulan Sya’ban , malam Nishfu sya’ban , malam pertengahan, yakni tanggal, 15 adalah malam yang termulia. Bahkan, dalam setahun ia dianggap malam termulia setelah Lailatul Qadar. Karena itu ibadah dan doa di malam Nishfu Sya’ban lebih utama di banding malam malam lainya.

Banyak doa yang disusun para ulama yang sangat baik untuk di baca pada malam tersebut. Diantarannya yang akan di sampaikan berikut ini.
Di awal waktu sesudah shalat Maghrib, hendaknya kita membaca surah Ya-Sin 3X . Pembacaan pertama di niyatkan mohon di panjangkan umur dalam berbuat ibadah. Kedua, dengan niat minta dipelihara dari bencana, disembuhkan dari penyakit, dan diluaskan rezeki yang halal. Dan ketiga. Dengan niyat minta kaya hati dari segala mahluk (tidak butuh kepada mahluk) dan mohon khusnul khatimah. Setiap selesai membaca Surah Ya-Sin di baca salah satu do’a di bawah ini satu kali.

Allahumma ya dzal-manni wa layumannu a’laika ya dzal-jalali wal ikram, ya dzath-thauli wal-in’am, la ilaha illa anta zhahral-lajina wa jaral mustajirina wa ma’ manal-kha’ifin. Allhumma in kunta katabtana indaka fi ummil-kitabi asyqiya’a aumahrumina au muqtaran ‘alaina fir-rizqi famhullahumma bifadhlika sya-qawatana wa hirmanana wa iqtara ar-zaqina wa atsbitna indaka fi ummil kitabi su’ada’a marzuqina muwaffaqi-na lil-khairat. Fainnaka qulta wa qaulukal-haqqu fi kitabikal-munzali ‘ala lisani nabiyyikal-mursal, yamhullahu ma yasya’u wa yutsbitu wa’indahu ummul-kitab. Illahana bit-tajallil-a’zhami fi lailatin-nishfi min syahri sya’banal-mukarram allati yufraqu fiha kullu amrin hakimin wa yubram nas’aluka an taksyifa ‘anna minal-bala’i ma na’lamu wa ma la na’lam, wa ma anta bihi a’lam. Innaka antal-a’azzul-akram.Wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin wa a’la alihi washabihi wa sallam.

Artinya :

(Wahai Allah, wahai dzat yang mempunyai anugerah, dan Engkau tidak diberi anugerah. Wahai dzat yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. Wahai dzat yang mempunyai kekuasaan dan memberikan kenikmatan, tiada Tuhan melainkan Engkau. Engkaulah Penolong orang-orang yang memohon pertolongan,Pelindung orang-orang yang mencari perlindungan, dan pemberi keamanan kepada orang yang ketakutan.
Wahai Allah, jika Engkau mencatat kami di sisi-Mu dalam induk catatan sebagai orang-orang yang celaka, terhalang dari rahmat-Mu, dijauhkan dari-Mu, atau disempitkan dalam mendapat rezeki, dengan karunia-Mu, ya Allah hapuskanlah kecelakaan kami, keterhalangan kami, kejauhan kami dari rahmat-Mu, dan kesempitan rezeki kami, Dan tetapkanlah kami di sisi-Mu dalam induk catatan sebagai orang-orang yang berbahagia, di beri rezeki yang luas, serta diberi petunjuk menuju kebajikan. Karena sesungguhnya Engkau telah berfirman dalam kitab-Mu yang telah diturunkan kepada Rasul-Mu, sedangkan firman-Mu itu benar,”Allah menghapus dan menetapkan apa yang dikehendaki-nya dan disisi-Nya terdapat induk kitab.”
Tuhan kami, dengan tajalli-Mu yang maha besar pada malam Nishfu Sya’ban yang mulia ini, saat setiap urusan dibedakan dan ditetapkan di dalamnya, kami memohon kepada-mu agar Engkau palingkan kami dari segala bencana, baik yang kami ketahui maupun yang tidak kami ketahui। Sesungguhnya Engkau Dzat Yang paling Mulia dan Paling Pemurah. Dan semoga Allah senantiasa memberi rahmat serta kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya)

Allahumma innaka ta’lamu sirri wa’alaniyati, faqbal ma’ dzirati, wa ta’lamu hajati fa a’thini su’li, wa ta’lamu ma fi nafsi faghfirli dzanbi. Allahumma inni as’aluka imanan yubasyiru qalbi ,wa yaqinan shadiqan hatta a’lama annahu la yushibuni illa ma katabtahu li wa radhdhini biqadha’ik

Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui rahasiaku dan keadaanku yang nyata, maka terimalah munajatku. Engkau mengetahui kebutuhanku, maka penuhilah permohonanku. Engkau mengetahui apa yang ada dalam diriku, maka hapuskanlah dosaku. Ya Allah aku mohon kepada-Mu iman yang dapat menguasai hatiku dan keyakinan yang benar, sehingga aku mengetahui tidak ada yang menimpaku kecuali yang telah Engkau tetapkan untukku. Berilah aku kerelaan menerima ketetapan-Mu”

No comments: