Wednesday, August 6, 2008

ARTI HIDUP DI DUNIA INI

Oleh : K.H. Abdullah Gymnastiar


Aku harus siap menghadapi hidup ini apapun yang terjadi.
Hidup di dunia ini hanya satu kali, aku tak boleh gagal dan sia-sia tanpa guna.
Tugasku adalah menyempurnakan niat dan ikhtiar, perkara apapun yang terjadi kuserahkan kepada Allah yang Maha Tahu terbaik bagiku.
Aku harus selalu sadar sepenuhnya bahwa yang terbaik menurutku belum tentu terbaik menurut Allah SWT, bahkan sangat mungkin aku terkecoh oleh keinginan dan harapanku sendiri.
Pengetahuan tentang diriku atau tentang apapun amat terbatas sedangkan pengetahuan Allah menyelimuti segalanya, Dia tahu awal, akhir dan segala-galanya. Sekali lagi betapapun aku sangat menginginkan sesuatu tetapi hatiku harus aku persiapkan untuk menghadapi kenyataan yang tak sesuai dengan harapanku , karena mungkin itulah yang terbaik bagiku.
Aku harus rela dengan kenyataan yang terjadi Bila sesuatu terjadi ya.....inilah kenyataan dan episode yang harus aku jalani.
Aku harus menikmatinya dan aku tak boleh larut dalam kekecewaan berlama lama, kecewa,dongkol,sakit hati, tak akan merubah apapun selain meneyengsarakan diri sendiri. Dongkol begini tak dongkol juga begini.
Hatiku harus realistis menerima kenyataan yang ada, namun tubuh serta pikiranku harus tetap bekerja keras dan menyelesaikan masalah ini.
Aku tak boleh mempersulit diri. Aku harus yakin bahwa hidup ini bagai siang dan malam pasti silih berganti.Tak mungkin siang terus tak mungkin malam terus, pasti setiap kesenangan ada ujungnya begitupun masalah yang menimpaku pasti ada akhirnya, aku harus sangat sabar menghadapinya.
Akupun harus yakin bahwa musibah terjadi dengan ijin Allah yang Maha Adil pasti sudah diukur dengan cermat oleh NYA tak mungkin melampaui batas kemampuanku karena dia tak pernah menzholimi hambanya.
Aku tak boleh menzholimi diriku sendiri dengan pikiran buruk yang mempersulit dan menyengsarakan diri, pikiranku harus tetap jernih ,terkendali,tenang dan proporsional aku tak boleh terjebak mendramatisir masalah , bahkan sebaliknya hanya akan menambah masalah, semua harus dengan tegar kuhadapi dengan baik, aku tak boleh menyerah aku tak boleh kalah.
Mesti segala sesuatu akan ada akhirnya begitupun persoalan yang kuhadapi seberat apapun persoalan yang kuhadapi, seperti yang di janjikan Allah ” Fa innama'al 'usri yusron, innama'al 'usri yusro (Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan ) ...janji yang tak mungkin di pungkiri oleh Allah.SWT.
Segala yang terjadi mutlak adalah atas ijin Allah SWT dan Allah tak mungkin berbuat sesuatu yang sia sia.
Pasti ada hikmah dibalik setiap kejadian sepahit apapun pasti ada kebaikan yang terkandung di dalamnya, bila disikapi dengan benar.
Harus kurenungkan mengapa Allah menakdirkan semua ini menimpaku, bisa jadi peringatan atas dosa dosa ku,kelalaian atau mungkin saat kenaikan kedudukan disisi Allah.
Mungkin harus berpikir keras untuk menemukan kesalahan yang ku perbaiki.
Setiap kejadian bagai cermin pribadi aku tak boleh gentar dengan kekurangan dan kesalahan yang terjadi , yang penting kini aku mengetahui diriku yang sebenarnya dan aku bertekad sekuat tenaga untuk memperbaikinya. Allah Maha Pengampun dan Maha Penerima Tobat.
Ingat selalu janji Allah
Barang siapa yang bertaqwa kepada Ku niscaya kuberi jalan keluar dari setiap urusannya dan kuberi rizki /pertolongan dari tempat yang tidak terduga, dan barang siapa yang bertawakal kepada Ku niscaya akan Aku cukupkan kebutuhannya.

No comments: