Wednesday, August 20, 2008

RANGKAIAN DOA RAMADHAN amalan meraih rahmat dan ampunan

Marhaban ya syahra ramadhan
Marhaban syahrash-shiyami
Marhaban ya syahra ramadhan
Marhaban syahral-qiyami

Selamat datang, bulan Ramadhan
Selamat datang, bulan puasa
Selamat datang, bulan Ramadhan
Selamat datang, bulan ibadah


Tanpa terasa, bulan puasa telah berada di de­pan mata. Setiap orang beriman tentu akan se­nang menantikan kedatangannya. Apalagi dalam hadits di-katakan. "Barang siapa gembira dengan bulan Ramadhan, Allah haramkan jasadnya dari api neraka."
Tak ada kegembiraan menyamai gembiranya menyambut Ramadhan. Namun, kegembiraan ini akan menjadi hilang maknanya dan sirna jiwanya apabila , setelah ia datang. kita tak mengisinya dengan berbagai ibadah dan taqarrub yang dituntunkan oleh junjungan kita Nabi Muhammad SAW . Jika demikian, tak ubahnya kita menanti-nanti seseorang yang kita rindukan sekian lama ,tetapi setelah ia datang kita tinggal pergi begitu saja. Oh betapa dustanya kerinduan itu, dan betapa kecewanya tamu yang kedatangannya ditunggu-tunggu.

Tentu kita tak ingin demikian. Kita ingin menunjukkan bahwa kegembiraan kita atas kedatangan Ramadhan adalah benar adanya, bahwa kerinduan kita juga tak di mulut saja. Untuk itu tak ada pilihan lain selain kita isi saat-saat istimewa ini dengan berbagai ibadah dan ketaqwaan lainnya. Sudah selayaknya kita bertekad menjadikan Ramadhan ini lebih baik daripada Ramadhan-Ramadhan sebelumnya. Mengapa? Karena, Ramadhan-Ramadhan yang lalu tak Akan kembali lagi, sedangkan Ramadhan-Ra­madhan yang akan datang belum tentu kita ala­mi. Karenanya, inilah saat terbaik yang mesti kita manfaatkan, juga dengan sebaik-baiknya.
Untuk membantu Anda mewujudkan hal ter­sebut, kami suguhkan kepada Anda amalan-amalan Ramadhan, baik doa maupun dzikir yang dapat kita baca sejak malam menjelang sahur hingga malam keesokan harinya.

Ya arhamar-rahimin, irhamna (3x), wa `afina wa’fu `anna wa 'ala tha `atika wa syukrika a’ inna, wa `alal islami` wal imanil kamilaini jam`an tawaffana, wa anta radhin ’anna wa’an babika fala tathrudna, ya wasi`al maghfirah, ya hayyu ya qayyum,birahmatikal-wasiah,bijahika ya Allah.
­
Ya arhamar-rahimin, irhamna , wa `afina wa’fu `anna ,wa 'ala tha`atika wa syukrika a’ inna, ya hayyu ya gayyumu, bijahi sayyidina muhammadin shallallahu `alaihi wa sallam.

Ya arhamar-rahimin, irhamna wa `afina wa `fu `anna wa 'ala tha`atika wa syukrika a`inna, ya hayyu ya gayyumu, bijahi sayyidina abi bakrinish-shiddigi ra­dhiyallahu `anh.

Ya arhamar-rahimin, irhamna wa `afina wa`fu `anna, wa `ala tha`atika wa syukrika a`inna, ya hayyu ya qay­yumu, bijahi sayyidina 'umarabnil khaththabi radhiya­llahu `anh.

Ya arhamar-rahimin, irhamna wa `afina wa`fu `anna ,wa 'ala tha `atika wa syukrika a `inna, ya hayyu ya qay­yumu, bijahi sayyidina `utsmanabni `affana radhiyallahu ’anh

Ya arhamar-rahimin, irhamna wa `afina wa`fu `anna ,wa 'ala tha `atika wa syukrika a `inna, ya hayyu ya qay­yumu, bijahi sayyidina `’aliyyibni abi thalibin karamallahu wajhahu, wa radhiyallahu tabaraka wa ta’ala ’an kulli shahabati rasulillahi.

"Oh Tuhan, Yang Paling Pengasih di antara yang pengasih, kasihilah kami (3 x). Ampunilah kami dan hapuskanlah kesalahan kami. Tolonglah kami untuk menaati-Mu dan bersyukur atas nikmat-Mu. Dan wafatkanlah kami dalam keadaan Islam dan iman yang sempurna, dan dalam keadaan Engkau meridhai kami. Dan janganlah Engkau mengusir kami dari pintu surga-Mu, oh Tuhan, yang maha luas ampunan-Nya.”
”Oh Tuhan, Yang Maha hidup dan senantiasa mengurus hamba-Nya. Berkat rahmat­ Mu yang luas, dan dengan kehormatan-Mu, ya Allah. Oh Tuhan, Yang Paling Pengasih di antara yang pengasih, kasihilah kami. Ampunilah kami dan hapus­kanlah kesalahan kami. Tolonglah kami untuk menaatiMu dan bersyukur atas nikmatMu Oh Tuhan yang Maha hidup,Yang senantiasa mengurus hamba­-Nya. Berkat kehormatan junjungan kami, Nabi Muhammad SAW.”

”Oh Tuhan, Yang Paling Pengasih di antara yang pengasih, kasihilah kami. Ampunilah kami dan hapuskanlah kesalahan kami.Tolonglah kami untuk menaati-Mu dan bersyukur atas nikmat-Mu. Oh Tuhan, Yang Mahahidup, Yang senantiasa mengurus hamba-Nya. Berkat kehormatan Sayyidina Abu ,~ Bakar Ash-Shiddiq RA.”

“Oh Tuhan, Yang Paling Pengasih di antara yang pengasih, kasihilah kami. Ampunilah kami dan hapuskanlah kesalahan kami. Tolonglah kami untuk menaati-Mu dan bersyukur atas nikmat-Mu.Oh Tuhan yang Maha hidup, Yang senantiasa mengurus hamba-Nya. Berkat kehormatan Sayyidina Umar bin Kaththab RA.”
”Oh Tuhan, Yang Paling Pengasih di antara yang pengasih, kasihilah kami. Ampunilah kami dan hapuskanlah kesalahan kami. Tolonglah kami untuk menaati-Mu dan bersyukur atas nikmat-Mu. Oh Tuhan, Yang Maha hidup, Yang senantiasa mengurus hamba-Nya. Berkat kehormatan Sayyidina Utsman bin Affan RA.”

“Oh Tuhan, Yang Paling Pengasih di antara yang pengasih, kasihilah kami. Ampunilah kami dan hapuskanlah kesalahan kami.Tolonglah kami untuk menaati-Mu dan bersyukur atas nikmat-Mu. Oh Tuhan, Yang Maha hidup, yang senantiasa mengurus hamba-Nya. Berkat kehormatan Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA. Dan semoga Allah, yang Maha suci lagi maha tinggi, meridhai semua sahabat Rasulullah."

NIAT PUASA

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada-i fardhi syahri ramadhani hadzihis-sanati lillahi ta’ala,
Artinya
“Aku berniat puasa esok hari untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala.”

DOA SHALAT DHUHA

Bismillahi-rahmanir-rahim. Alhamdu lillahi rabbil-‘alamin. Allahumma shalli wa sallim 'ala sayyidina Muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wa man tabi'ahu bi-ihsanin ila yaumid-din. Allahumma innadh-dhuha-a dhuha-uka wal-baha-a baha-uka,wal-jamala jamaluka wal-qudrata qudratuka, wal-'ishmata 'ishmatuka. Allahumma in kana rizqi fis-sama-i fa anzilhu wa in kana fil-ardhi fa akhrijhu, wa in kana haraman fathahhirhu wa in kana ba'idan faqarribhu wa in kana mu`assaran fayassirhu bihaqqi dhuha-ika wa baha-ika wa jamalika wa qudratika ya arhamar-rahimin. Wa shallallahu wa sallama 'ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa man tabi'ahu bi-ihsanin ila yaumid-din.
'Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji milik Allah, Tuhan sekalian alam. Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam pada junjungan kami, Nabi Muhammad, serta kepada keluarga, para sahabat, dan orang-orang yang mengikutinya dengan kebajikan sampai hari kiamat. Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha ada­lah waktu dhuha-Mu, kebagusan adalah kebagus­an-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekua­saan adalah kekuasaan-Mu, dan penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizkiku ada di langit, turunkanlah, jika ada di bumi, keluarkanlah, jika haram, sucikanlah, jika jauh, dekatkanlah; jika su­lit, mudahkanlah, berkat waktu dhuha-Mu, kebagusan-Mu, keindahan-Mu, dan kekuasaan-Mu. Oh Tuhan, Yang Paling Penyayang di antara penyayang.
Semoga Allah melimpahkan shalawat dan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW pada keluarga, para sahabat, dan orang-orang mengikutinya dengan kebajikan sampai kiamat."
DZIKIR RAMADHAN

Asyhadu an la ilaha illallah nastaghfirullah, nasalukal jannata wa na`udzu bika minan-nar (3X) , Allahumma innaka 'afuwwun karimun, tuhibbul 'afwa fa `fu `anna (3 x). Ya karim.
Allahumma sallimna li ramadhan wa sallim ramadhana lana wa tasallamhu minna mutaqabbala.Ya rabbal-'alamin.
”Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah. Kami memohon ampun kepada Allah. Kami memohon surga kepada-Mu dan kami berlindung dari api neraka.
Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan ­Mahamulia; Engkau suka mengampuni, maka ampunilah kami. Oh Tuhan, Yang Mahamulia.
Ya Allah, selamatkanlah kami bagi Ramadhan, dan selamatkanlah bulan Ramadhan bagi kami, dan biarkanlah dengan selamat ia berpisah dari kami, ketika kami telah menjadi orang yang diterima."

DOA BERBUKA PUASA

"Allahuma laka shumtu wa 'ala rizqika afthartu " Subhanaka wa bihamdika. Allahumma taqabbal minni . Innaka antas-sami`ul-alim.
“Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan dengan rizki-Mu aku berbuka. Maha suci Engkau, dan segala puji adalah milik-Mu.Ya Allah, terimalah puasaku. Sesungguhnya Engkau Maha endengar lagi Maha Mengetahui”

DOA SHALAT TARAWEH
Bismillahir-rahmanir-rahim
Alhamdulillahi hamdan yuwafi ni`amahu wa yukafi mazidahu ya rabbana lakalhamdu kama yanbaghi lijalali wajhika waazhimi sulthanik. Allahumma shalli wa sallim `ala sayyidina muhammadin wa `ala alihi wa shahbihi ajma’in. Allahummaj`alna bil imani kamilin, wa lifa-raidhika mu'addin, wa `alash-shalati hafizhin, walizzakati fa`ilin, wa lima 'indaka thalibin, wa li`afwika rajin, wa bil-huda mutamassikin, wa `anillaghwi mu’-ridhin.wa fiddunya zahidin, wa fillakhirati raghibin –wa bil qadha'i radhin, wa bin-na`ma'i syakirin, wa’alal-balaya shabirina wa tahta liwa'i sayyidina, muhammadin shalallahu 'alaihi wa sallama yaumul–qiyamati sa'irina wa`alal hawdhi waridina wa fil jannati dakhilina wa`ala sariril-karamati qa`idina wa bihurin inin mutazawwijin, wa min sundusin wa istabraqin wa dibajin mutalabbisin, wa min tha’amil jannati akilin , wa min labanin wa'asalin mushaf-faini syaribin, bi-akwabin wa abariqa wa ka'sin min ma’in ma`al-ladzina an`amta `alaihim minan-nabiy-yina wash-shiddiqina wasy-syuhada'i wash-shalihin. Wa hasuna ula'ika rafiqa, dzalikal-fadhlu minalllahi wa kafa billahi `alima. Allahummaj`alna fi hadzihil lailatisy-syarifatil-mubarakati minas-su`ada-il-maqbulina wa la taj`alnallahumma minal-asyqiya-il –mardudina birahmatika ya arhamar-rahimin. Illahana 'afina wa’fu anna wagfirillahumma lana wa liwalidina wa li-ummahatina wa li ikhwanina wa li akhawatina wa li azwajina wa li ahlina wa li ahli baitina wa li ajdadina wa li jaddatina wa li asatidzatina wa li masyayikhina wa li mu’allimina wa liman `allamnahu , wa liwulati amrina wa li dzawil-huquqi ‘alaina wa liman ahabba wa ahsana ilaina wa liman hadana wa hadainahu ilal-khairi wa liman aushana wa washshainahu bid-dua’ i wa li jami`il-muslimina wal-muslimati wal muminina wal-mu'minati al-ahya'i minhum wal-am­wati waktubillahummas-salamata wal-`afiyata `alaina wa alaihim wa 'ala 'abidikal-hujjaji wal-ghuzati waz­ zuwwari wal-musafirina fil-barri wal-bahri minal mus­-limina wa qina syarrazh-zhalimina fanshurna `alal­ -qaumil-kafirina ya mujibas-sa-ilina wakhtim lana ya rabbana minka bikhairin ya arhamar-rahimin. Wa shallallahu `ala khairi khalqihi sayyidina muhamm­adin wa `ala alihi wa shahbihi ajma`ina wa salim tasli'man katsiran wal-hamdulillahi rabbil `alamin.
"Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji milik Allah, dengan puji­an yang sesuai dengan nikmat-nikmat-Nya dan setara dengan tambahan-tambahan nikmat-Nya. Oh Tuhan, milik-Mu segala pujian, sebagaimana semestinya bagi kebesaran `wajah'-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, serta kepada ke­luarga dan para sahabat sekalian.
Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang melaksanakan kewajiban-
kewajiban terhadap-Mu, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akherat , yang ridha dengan ketentuan, yang ber­syukur atas nikmat yang diberikan, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, sampai kepada telaga (yakni telaga Nabi Muhammad) yang masuk ke dalam surga, yang duduk di atas dipan kemuliaan, yang menikah de­ngan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu yang murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih.Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui.

Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini tergolong orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya, berkat rahmat-Mu, oh Tuhan, Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang.
Oh Tuhan, ampunilah kami, juga bapak-bapak kami, ibu-ibu kami, saudara-saudara laki-laki kami. Saudara-saudara perempuan kami, istri-istri (suami­ suami) kami, keluarga kami, kakek-kakek kami, nenek-nenek kami, guru-guru kami, syaikh-syaikh kami, pengajar-pengajar kami, dan orang-orang yang mengajarkan kami, yang mengurus urusan kami, yang memiliki hak terhadap kami, orang-orang yang mencintai kami, yang berbuat baik kepada kami, yang memberi petunjuk kepada kami dan yang kami beri­kan petunjuk kepada kebaikan, yang kami pesankan untuk mendoakan kami, serta semua muslimin dan muslimat, mukminin dan mukminat, yang masih hidup maupun yang sudah mati.
Tetapkanlah keselamatan dan afiat untuk kami dan mereka, juga hamba-hamba-Mu yang sedang menunaikan haji, para pejuang, para peziarah, orang­ orang yang sedang melakukan perjalanan di darat, laut, dan udara dari kaum muslimin, dan peliharalah t kami dari kejahatan orang-orang yang zhalim. Dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang kafir.
Oh Tuhan. Dzat yang mengabulkan permohonan orang­-orang yang meminta. Dan akhirilah hidup kami dengan kebaikan, oh Tuhan, Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang.
Semoga Allah melimpahkan rahmat dan kesejah­teraan kepada makhluk terbaik-Nya, junjungan kami, Nabi Muhammad, beserta keluarga dan para sahabat semua. Dan segala puji milik Allah, Tuhan sekalian alam."

5 comments:

Nurman said...

Assalamu'alaikum Ustadz,

ana senang sekali dengan blog antum, Sudi kiranya antum berkenan memposting bacaan Bilal saat sholat Tarawih yg 20 Rokaat itu...

Salam Ukhuwah...

Farhah said...

wasalamualaikum mohon maaf baru jawab commentnya.Untuk bacaan sholat tarwih bilal saya sudah tampilkan di daftar isi.bisa dilihat .Semoga Bermanfaat

fai'yoi Oi said...

maaf,, sholawat yg ditulis diatas itu shalawat apa sih namanya pak?

Farhah said...

Sholawat yang diatas selalu dibaca oleh jama'ah pada setiap selesai sholawat taraweh per 2 roka'at.

Anonymous said...

Asslmkum, afwan dmn sy bs dpatkan mp3 bacaan trsebut yg dulu kala sering denger ketika sahur?